Selasa, 13 Maret 2012

'The Raid' Masuk 50 Besar Film Action Terbaik Sepanjang Masa

Jakarta - Film produksi Indonesia 'The Raid' yang digarap sutradara kelahiran Wales, Gareth Evans terus memperpanjang daftar pujian dari berbagai festival dan forum film internasional. Internet Movie Database (IMDB) menempatkan film tersebut dalam daftar 50 Film Action Terbaik Sepanjang Masa.

Dengan rating 8, film yang dibintangi Iko Uwais itu menempati peringkat 44 di bawah film 'Rocky' (1976) yang mendapatkan vote 145.868. Sementara 'The Raid' hanya mendapat 1.322 suara.

Dan yang terdengar cukup membanggakan, 'The Raid' disejajarkan dengan film box office produksi Hollywood seperti 'Star Trek '(2009), 'The Adventures of Robin Hood' (1938), dan 'Avatar' (2009).

Sementara untuk kategori Film Martial Arts Terbaik, 'The Raid' berada di peringkat 45. Posisi tersebut sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan film 'The Matrix'.

Semenjak mendapat review bagus di ajang Toronto Film Festival akhir tahun lalu, 'The Raid' seakan tak pernah berhenti menjadi perbincangan. Sementara, di negeri sendiri film tersebut baru akan diputar di bioskop mulai 23 Maret mendatang.

Tak heran jika banyak pihak yang semakin penasaran dengan 'The Raid'. Gareth Evans bahkan sudah menyiapkan sekuelnya, berjudul 'Berandal' dengan dana US$ 3 juta atau sekitar Rp 26,9 miliar.

Biaya produksi untuk 'Berandal' lebih besar dari 'The Raid' yang menghabiskan US$ 1 juta atau sekitar Rp 8,9 miliar. Sama seperti 'The Raid', hak distribusi 'Berandal' juga telah dibeli Sony Pictures.

(ich/mmu)